ナノ: Dari Vocaloid menuju Vokalis!

Semua ini sekali lagi gara-gara Abuget Show Podcast;  kali ini episode Urban Jazz yang digawangi  @rendyyusuf dan @Sesa_Opas memunculkan satu aransemen dari salah satu stage di Rockman 5 yang enak gila berjudul Napalm Jazz. Ternyata lagu ini berasal dari album Rockman Holic: 25th Anniversary OST. Setelah menggenggam album tersebut, saya menemukan vokal menakjubkan ini:

Saya lirik penyanyinya… nano (ナノ). Nama yang cukup asing bagi saya, karena saya cukup jarang mengulik lagu-lagu jejepangan kecuali dari anime yang saya tonton (terutama setelah band kesayangan saya, School Food Punishment, bubar). Nah, karena dia nyanyi aransemen lagunya Rockman 2 di atas (itu tuh, Omoide wa Okkusenman, kali ini dengan lirik berbahasa Inggris!), lantaslah saya cari-cari seputar dia di Youtube, dan menemukan ini:

Ini… Gila! Saya sangat menikmati mixture antara lirik Jepang dan Inggrisnya, pula cara nano menyanyikan kedua bahasa tersebut dengan fasih. Memang sih, dia tinggal di Amrik beberapa tahun, jadi tidak perlu saya ragukan lagi kefasihannya. Komposisi liriknya, meskipun arahnya cukup literal, tetap tidak bisa membuat saya berkata, “Ealah…” Suaranya termasuk jenis suara yang saya suka, tipikal androgini yang jelas nggak cengeng. Aransemen musiknya juga sangat segar, didukung pula dengan movie clip yang berkualitas, meskipun saya cuma bisa baca lirik bahasa Inggrisnya saja. nano sendiri ternyata mengawali karirnya dengan menggubah Vocaloid cover… dengan transliterasi lirik bahasa Inggris (entah terjemahan bebas atau nggak, saya kurang memperhatikan) dan karya-karya awalnya ini juga cemerlang. FIx deh jadi salah satu vokalis favorit saya. Yuk mampir ke akun Youtube-nya di sini!

Sebagai penutup, saya cuplikkan lagu nano kesukaan saya: Now or Never. Enjoy!

Leave a comment